bagaimana tanggapan anda tentang blog??

Kamis, 29 Maret 2012

VKS/VSSK Sniper Anti Material rifle






Type     Sniper rifle
Place of origin      Russian Federation
Service history
Used by     FSB
Production history
Designer     CKIB SOO
(Central Design Bureau of Sporting and Hunting Weapons)
Designed     2002
Specifications
Weight     7 kg (total weight)
Length     1125 mm (overall length)
Cartridge     12.7 x 54 mm
Action     bolt-action
Muzzle velocity     320-305 m/s
Effective range     1600 meters
Maximum range     4000-4100 meters
Feed system     5-round detachable box magazine
Sights     folding iron sights or telescopic sight

VSSK merupakan kepanjangan dari Vintovka Snayperskaya Spetsialnaya Krupnokalibernaya atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti senapan jarak jauh (sniper) berkaliber besar. Dari namanya saya kita pasti langsung tahu kalau ini senapan buatan Rusia dan memang benar karena pabrikan yang membuat adalah Russian Instrument Design Bureau (KBP). Senjata ini dipesan khusus oleh Russian FSB (biro intelijen Rusia yang penggantin KGB) pada tahun 2002. Baru diperkenalkan ke masyarakat tahun 2005 saat pameran senjata Interpolitex di Moskow. Pada kesempatan itu pula dikatakan bahwa senapan ini hanya digunakan oleh pasukan khusus dari FSB dan MVD untuk operasi anti-teror dan pemberantasan kejahatan tingkat tinggi. Pada pasukan khusus tersebut juga memberlakukan kode khusus untuk senapan ini yaitu Vychlop.


Daya hantam peluru Vychlop bisa menembus bodi mobil.

Vyclhop menggunakan kaliber 12.7, jauh lebih besar dari pendahulunya senapan 9mm VSS. Jelas sekali kenapa satuanoperasi khusus meminta dibuat yang lebih besar. Pertama, daya hantam yang kuar membuat peluru Vischlop bisa menembus bodi mobil sekalipun. Kedua, peluru yang kuat membuat peluru menjadi lebih cepat; 320 meter per detik. Ketiga, peluru yang kuat membuat jangkauan menjadi sangat luar biasa jauh; 1600 meter untuk jangkauan efektif dan 4.000 meter untuk jangkauan maksimal. Inilah kenapa Vischlop menjadi senapan primadona pasukan khusus tidak hanya di Rusia.



ukuran sesungguhnya sangat besar :D



Untuk Aksesoris standar seperti peredam yang bisa dibongkar pasang juga melengkapi senapan ini. Bipod juga tersedia dan bisa dilipat kebelakang laras. Bagian popor juga sudah disesuaikan sedemikian rupa sehingga nyaman diguanakan saat membidik sasaran.

0 komentar:

Posting Komentar